Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Unik Untuk Postingan Blog

Assalamualaikum Wr,Wb.
Setelah kalian berhasil membuat blog dan sudah melengkapi blog dengan halaman services, maka kali ini kalian akan belajar cara menulis artikel yang baik dan unik agar banyak dikunjungi orang.

Sebenarnya sangat banyak tutorial yang tersedia di internet tentang cara membuat artikel atau postingan yang baik untuk blog, dan memang sangatlah dianjurkan bagi kalian para bloggers pemula untuk terus belajar dan mencari tahu segala informasi tentang blog di internet agar semakin menambah ilmu blogging kalian.

Cara Menulis Artikel untuk blog

Dari sekian banyaknya tutorial yang tersedia di internet, maka admin berharap semoga artikel atau postingan ini menjadi salah satu tutorial yang bisa membantu kalian dalam belajar blog, semoga dengan artikel atau postingan ini, kalian diharapkan mampu memahami cara membuat artikel yang baik dan unik untuk kalian posting di blog kalian.

Cara membuat postingan di blog khususnya blogspot (blogger) terbilang cukup mudah, kalian tinggal klik bagian entri baru, dan mulai lah untuk membuat artikel dengan memberikan judul terlebih dahulu.

Namun yang akan kita bahas adalah bukan mekanisme sederhana yang disebutkan tadi, melainkan kita akan belajar cara mebuat artikel dengan baik, serta dibarengi dengan tema yang unik agar mampu memikat hati pembaca agar bisa selalu berkunjung ke blog kita.

Sebenarnya cara menulis setiap orang itu berbeda-beda, khususnya di dalam artikel atau postingan blog. Ada yang menggunakan bahasa yang formal, ada yang menggunakan bahasa gaul, dan ada juga yang menggunakan bahasa seadanya.

Semua itu kembali lagi ke orang yang menulis artikel tersebut, lalu apakah menulis postingan dengan gaya bahasa formal akan lebih menarik banyak pembaca, jawabanya adalah belum tentu, karena setiap pembaca artikel di blog kita mempunyai perbedaan pemikiraan dan kesukaan.

Ada yang merasa lebih mudah memahami isi artikel yang telah kita buat dengan menggunakan bahasa yang formal, atau mungkin ada juga pembaca yang lebih mudah paham dengan gaya bahasa sehari-hari, semua itu tergantung selera si pembaca.

Namun sebagai saran, ada baiknya jika kalian belajarlah dahulu menggunakan bahasa yang formal (sopan, santun, dan mudah dipahami oleh pembaca), apalagi jika blog yang kalian buat memiliki niche (tema) informasi seperti berita, maka kalian dituntut harus bisa menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh orang meski hanya lewat tulisan.

Pemilihan Judul
Cara menulis artikel yang baik untuk blog bisa kalian mulai dengan menyiapkan tema pembahasan, usahakan kalian sudah memiliki tema dan judul yang akan kalian tulis di blog kalian, janganlah terbiasa menulis secara spontan, buatlah list pembahasan apa saja yang akan kalian tulis di blog.

Setelah itu coba buat judul yang menarik dan unik agar mampu menarik perhatian calon pembaca, lalu bagaimana contoh pemilihan kata judul yang baik dan menarik, contoh nya adalah "Cara Membuat Donat" dan "Cara Membuat Donat Super Lezat Maknyos".

Dari kedua judul diatas, keduanya memiliki subjek yang sama yaitu cara membuat donat, yang membedakan hanyalah di judul yang kedua ada tambahan kalimat "Super Lezat Maknyos". Namun meski memiliki subjek yang sama, dari kedua judul tersebut, manakah menurut kalian yang lebih menarik untuk kalian kunjung.

Saya percaya kalau kebanyakan calon pembaca akan memilih judul yang kedua yaitu "Cara Membuat Donat Super Lezat Maknyos". Alasanya karena jika dibandingkan dengan "Cara Membaut Donat" Maka judul yang keuda lebih terlihat manrik.

Namun perlu kalian ingat bahwa ketika kalian memberikan judul yang menarik pada artikle yang kalian tulis, maka usahakan pula memberikan penjelasan yang rinci serta mudah dipahami oleh pembaca, karena alasan mereka membaca artikel di internet adalah untuk mencari semua jawaban dari pertanyaan mereka.

Jika kalian menyimpan judul yang menarik, namun ketika pembaca menemukan bahwa artikel yang mereka baca tidak sesuai dengan judulnya, maka dapat dipastikan bahwa mereka akan kapok dan mungkin tidak akan mau untuk membaca artikel dari blog kalian lagi.

Artikel Bisa Menjawab Pertanyaan Pembaca
Hal yang paling penting dari penulisan artikel adalah solusi, sebagai penulis, kalian harus bisa memberikan solusi terhadap permasalahan pembaca. Setiap pembaca yang mencari informasi di internet adalah mereka yang mencari jawaban akan masalah-masalah yang mereka hadapi.

Contoh sederhana nya adalah pembaca yang sedang mencari solusi tentang cara menginstal ulang laptop, maka usahakan kalian menawarkan informasi yang akan memberikan pembaca solusi, yaitu berikan artikel lengkap tentang cara menginstal ulang laptop secara jelas agar mudah dipahami oleh pembaca tersebut.

Bukan hanya itu, usahakan pula kalian selalu menjawab setiap pertanyaan yang biasanya disematkan di kolom komentar. Semakin kalian aktif berinteraksi dan bisa memberikan pemecahan masalah pada pembaca, maka kemungkinan pembaca akan semakin percaya bahwa artikel yang ada pada blog kalian mampu menjadi solusi bagi mereka, hal itu akan membuat popularitas blog kalian meningkat dan akan menambah kemungkinan menambah visitor serta memungkinkan pembaca akan berlangganan pada blog kalian.

Gunakan Gambar Sebagai Petunjuk Tambahan
Penggunaan gambar sangat diajurkan karena bisa membuat pembaca lebih mudah memahami isi dari artikel yang kalian buat, contoh jelasnya adalah jika kalian membuat artikel tentang cara menginstal laptop menggunakan flashdisk.

Jika kalian tidak menggunakan gambar, maka kemungkinan pembaca akan merasa bingung karena proses intal ulang yang agak rumit dan panjang. Namun  perlu kalian ketahui bahwa menggunakan gambar yang berlebihan juga tidak dianjurkan untuk artikel blog.

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan blog kalian ke google adsense (advertiser), maka dianjurkan membuat artikel minimal 1000 kata dan sedikit menggunakan gambar. Jika kalian memberikan terlalu banyak gambar pada artikel kalian, maka kemungkinan blog kalian akan dianggap sebagai blog wallpaper.

Jika kalian ingin menggunakan gambar pada artikel, usahakan untuk mengkompressnya terlebih dahulu dengan menggunakan software adobe photoshop atau sejenis nya, usahakan untuk membuat ukuran gambar/foto menjadi sekitar 60KB sampai dengan 90KB. 

Hal ini bertujuan untuk membuat artikel yang dimuat (loading) baik itu di desktop atau smartphone menjadi lebih cepat, jika kalian menggunakan gambar dengan ukuran file yang besar, maka kemungkinan akan menambah waktu loading yang dibutuhkan untuk membuka halaman artikel yang telah kalian buat.

Pemisahan Paragraf
Ini merupakan hal yang biasanya dilewati oleh blogger pemula, kebanyakan blogger pemula biasanya menulis artikel seperti berikut ini :

"Assalamu'alaikum Wr, Wb.
Hay guys, apa kabar. semoga kalian selalu ada dalam keadaan sehat wal'afiat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.
Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sebuah tips dan sebuah trik untuk kalian yang mempunyai blog dan ingin mempercantik postingan populer pada blog kalian, caranya cukup mudah kok guys, kalian tinggal mengcopy/paste beberapa kode yang nantinya akan merubah tampilan postingan populer kalian.
Lalu apakah memang kita perlu merubah postingan populer pada blog kita,? jawabanya adalah tergantung keinginan kalian, kalian bebas memilih apakah mau merubahnya atau tidak. Blogspot sendiri sudah memberikan widget postingan populer secara default."

Dalam penulisan artikel yang baik untuk postingan blog adalah menggunakan jarak antar paragraf, atau seperti contoh dibawah ini :

"Assalamu'alaikum Wr, Wb.
Hay guys, apa kabar. semoga kalian selalu ada dalam keadaan sehat wal'afiat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sebuah tips dan sebuah trik untuk kalian yang mempunyai blog dan ingin mempercantik postingan populer pada blog kalian, caranya cukup mudah kok guys, kalian tinggal mengcopy/paste beberapa kode yang nantinya akan merubah tampilan postingan populer kalian.

Lalu apakah memang kita perlu merubah postingan populer pada blog kita,? jawabanya adalah tergantung keinginan kalian, kalian bebas memilih apakah mau merubahnya atau tidak. Blogspot sendiri sudah memberikan widget postingan populer secara default."

Dari dua cara penulisan diatas, manakah menurut kalian yang akan lebih disukai oleh pembaca, kebanyakan orang sebenarnya akan lebih memilih nomer dua karena akan lebih mudah di lihat sehingga akan lebih mudah di pahami, bereda dengan contoh nomor satu yang kesemua paragrafnya menyatu dan akan membuat pembaca menjadi bingung.

Pemilihan Tema
Sebelum kalian memulai membuat artikel, cobalah terlebih dahulu untuk mempersiapkan pembahasan atau permasalahan apa yang ingin kalian angkat dan bahas di artikel kalian. Usahakanlah membuat artikel yang memang banyak dicari oleh orang agar menambah kemungkinan artikel yang kalian buat banyak yang membaca.

Pemilihan tema pembahasan harus disesuaikan dengan niche (tema) blog kalian agar terlihat lebih relevan, jangan kalian membahas atau membuat artikel yang tidak relevan dengan judul (niche) blog kalian, contohnya blog kalian berjudul teknokiniew, maka tidak dianjurkan kalian membuat artikel dengan judul cara membuat donat.

Kalian boleh saja membuat artikel dengan berbagai judul dan tema bila blog yang kalian buat adalah blog campursari, atau blogger indo biasa menyebutnya dengan blog gado-gado. Blog jenis ini biasanya memasukan segala informasi baik itu berita, tutorial, cerita dan lain-lain.

Pemilihan tema unik mungkin juga bisa menjadi pertimbangan untuk kalian pilih saat membuat artikel, artikel unik adalah tulisan original hasil karya sendiri dan bukan hasil copy dan paste dari blog lain. Adapun bila kalian ingin mengambil informasi dari blog lain, maka disarankan untuk me rewrite  artikel tersebut, serta sematkan URL asal artikel tersebut.

Keyword (Kata Kunci)
Ini merupakan hal penting bagi kalian yang ingin blognya bisa ada di page one atau halaman utama google, yahoo dan mesin pencari lain. Keyword atau kata kunci adalah hal yang mungkin tidak akan terlalu diperhatikan oleh blogger pemula, namun disini admin akan memberikan sedikit informasi mengenai keyword atau kata kunci yang nanti akan dibuat lebih terperinci di postingan selanjutnya.

Kata kunci bisa menjadi salah satu teknik SEO yang jitu untuk membuat blog kalian ada di halaman utama mesin pencari, kalian bisa belajar tentang kata kunci ini secara sederhana dan langsung di mesin pencari google seperti contoh gambar dibawah ini ;

Kata kunci yang dicari adalah "cara membuat bakso", namun yang keluar atau rekomendasi dari mesin pencari menjadi lebih banyak seperti gambar diatas. Semua judul pada gambar di atas merupakan kata kunci atau keyword utamanya adalah "cara membuat bakso".

Penempatan kata kunci atau keyword pada judul juga cukup penting dan tentu kalian wajib untuk belajar dari berbagai sumber yang ada di internet, atau dari formu-forum blogger.

Dengan menguasai penempatan kata kunci, maka kemunginan blog kalian dikunjungi banyak orang menjadi lebih besar.

Namun pada dasarnya jika kalian adalah blogger pemula, maka jangan bebani pikiran kalian dengan bagaimana cara memasang kata kunci, bagaimana mengaplikasikan teknik seo on page dan off page dan hal-hal lain yang akan membuat kalian menjadi malah untuk menjadi sorang blogger.

Lakukanlah secara perlahan namun pasti, belajarlah cara menulis artikel yang rapih terlebih dahulu, baru jika kalian sudah mampu membuat artikel dengan baik maka coba bereksperimen dengan kata kunci da teknik seo.

Semoga postingan ini bermanfaat, dan untuk penjelasan lebih detail tentang kata kunci (keyword) beserta SEO (search engine optimization) akan kita bahas di artikel selanjutnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel