Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Tampil Di Mesin Pencari Google

Mungkin diantara kalian pernah ada yang mengalami ketika melakukan pencarian blog atau judul serta artikel yang telah kalian tulis namun tidak berhasil ditemukan di semua halaman google, atau mungkin kalian menemukan blog kalian namun yang keluar hanya nama atau judul blog, bukanya judul artikel yang telah kalian tulis.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan blog kalian tidak muncul di mesin pencarian google, hal yang pertama adalah kalian tidak mendaftarkan blog kalian ke google search console, yang kedua kalian tidak mengisi sitemap, dan yang ketiga kalian tidak melakukan fetch as google. 

cara supaya blog muncul di google, cara agar blog tampil di google, cara supaya blog tampil di mesin pencari google, cara supaya blog tampil di google, cara menampilkan blog di mesin pencari google, cara supaya blog terindeks google, cara supaya blog dan artikel terindex mesin pencari, cara supaya artikel muncul di mesin pencari,

Mungkin salah satu dari tiga hal di atas tidak kalian lakukan, maka hasilnya ketika kalian mencari judul artikel yang telah kalian tulis di mesin pencarian google, hasilnya tidak keluar, dan kalau keluar pun hanya nama atau judul blog saja.

Baca Juga :
   1. Cara Membuat Blog Yang Baik Dan Menarik
   2. Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Unik
   3. Cara Mendaftarkan Blog Ke 50 Mesin Pencari
Bagi seorang blogger maka hukumnya adalah wajib untuk mendaftarkan blognya ke google webmaster atau google search console, terlebih lagi jika blog yang kalian buat adalah blog yang berplatformblogspot (blogger), sudah jelas google akan lebih mengenal blog tersebut ketimbang blog dari platform lain.

Namun bukan berarti blog dengan platform lain seperti wordpress, wix, dan yang lainya tidak bisa mendaftar ke google search console, pada dasarnya semua blog bisa di maksimalkan, tinggal kalian saja yang rajin belajar agar mampu menguasai webmaster.

Seperti permasalahan yang kalian hadapi ketika judul artikel yang kalian tulis tidak tampil di halaman google, hal ini mungkin saja terjadi karena kalian kurang memaksimalkan tools yang sudah disediakan oleh google itu sendiri.

Tools yang disediakan google sangatlah banyak, dan salah satu tools/alat untuk membuat judul artikel yang telah kalian tulis di blog muncul di mesin pencari adalah fetch as google/ambil sebagai google, dengan menggunakan tools ini maka kalian akan mensubmit URL artikel kalian yang nantinya akan terindex oleh mesin pencarian google.

Proses agar URL yang telah kalian submit tadi akan memakan waktu sekitar satu hari atau lebih, maka ada baiknya jika kalian telah selesai menulis dan mempublish artikel tersebut, segera pergi ke google search console untuk melakukan fetch as google.

Cara melakukan fetch as google sebenarnya cukup mudah, kalian masuk ke google search console lalu klik URL blog kalian, Jika kalian belum mendaftarkan blog kalian maka tinggak klik add property dan daftarkan blog kalian.

Setelah kalian klik pada bagian URL blog kalian, maka akan tampil dasbor search console, kalian pilih crawl atau perayapan lalu klik dan pilih fetch as google. Untuk mulai melakukan fetch as google, kalian copy terlebih dahulu URL artikel yang telah kalian buat, contohnya seperti URL ini, https://infoinopative.blogspot.com/2018/12/cara-mendaftarkan-blog-ke-semua-search.html.

Bagian yang harus kalian copy adalah yang berwarna biru, sedangkan untuk alamat/URL blog tidak perlu kalian copy karena sudah tersedia langsung di bagian fetch as google, adapun jika kalian mengcopy bagian alamat atau judul URL blog kalian maka yang terjadi adalah akan error.

Pastekan URL artikel kalian seperti pada contoh warna biru ke kolom fetch as google, setelah itu ada dua pilihan yang kalian harus pilih untuk melakukan fetch yaitu hanya fetch atau fetch and render. Admin sendiri sering memilih fetch saja, namun kalian bebas memilih salah satu diantaranya karena mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mengindex URL artikel kalian.
Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Tampil Di Mesin Pencari Google


Setelah kalian klik salah satu dari dua pilihan yang telah disebutkan tadi, maka URL yang telah kalian isikan pada kolom fetch as google akan menghilang dan ada di bagian bawah. Setelah URL tersebut muncul dibawah maka kalian akan diminta untuk melakukan permintaan pengindeksan.

Kalian harus mengisi captcha dan mencheklist salah satu dari dua pilihan yang diberikan, lalu klik kirim/send. Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah ini.
Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Tampil Di Mesin Pencari Google
Dengan melakukan fetch as google ini maka URL artikel yang telah kalian tulis akan terindex dan akan tampil di mesin pencari google. Namun fetch as google ini hanya mengindeks URL satu persatu, jika kalian ingin semua konten yang ada di blog kalian terindeks oleh mesin pencari google, maka kalian isikan sitemap pada google search console.

Caranya cukup mudah, kalian masuk ke google search console, pilih menu crawl/perayapan, dan pilih sitemap/peta situs. Disini kalian bisa mengisikan sitemap agar semua konten yang ada di blog kalian terindeks oleh mesin pencari google.

Cara memasukan sitemap pada google search console ini cukup mudah, kalian cukup copy kode dibawah ini :
  • atom.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml?redirect=false
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • sitemap.xml


Pilih tambahkan peta situs atau add sitemap, isikan satu-satu dimulai dari atas, jika sudah maka tampilanya akan spserti gambar dibawah ini.
Cara Agar Judul Dan Artikel Blog Tampil Di Mesin Pencari Google
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500, adalah untuk blog yang sudah mempunyai maksimal 500 postingan, jika blog kalian sudah memiliki 1000 postingan maka silahkan ganti nilainya menjadi 1000.

Demikian cara agar judul dan artikel blog muncul di mesin pencari google, semoga bisa membantu dan membuat blog kalian makin eksis di halaman utama mesin pencari google.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel