Cara Membuat Blog yang Baik Dan Menarik Supaya Banyak Dikunjungi Orang

Bagi kalian para bloggers atau orang yang berniat untuk menjadi seorang blogger, adakah kalian ingin membuat blog kalian menjadi lebih baik dan lebih menarik agar memiliki banyak pengunjung.

Sebenarnya ada banyak tips atau tutorial yang bisa kalian temukan di internet tentang cara membuat blog yang baik dan menarik Supaya banyak dikunjungi orang.

Cara Membuat Blog

Di mesin pencarian google, yahoo, bing, dan yang lainya, kalian bisa dengan mudah menemukan artikel yang membahas tentang cara membuat blog yang baik dan menarik supaya banyak pengunjung.
Baca Juga :
   1. Cara Membuat Halaman Services Blog
   2. Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Unik 
   3. Cara mendaftarkan Blog ke semua Search Engine 
Selain berupa artikel, kalian juga bisa mencari tutorial berupa video di situs-situs jejaring video seperti youtube dan situs penyedia video tutorial lainya.

Lalu mungkin akan timbul pertanyaan di benak kalian yaitu, apa sih blog itu, bagaimana cara membuat blog, bagaimana membuat blog menjadi menarik agar banyak dikunjungi orang.

Semua pertanyaan itu akan kita jawab dan ulas secara rinci agar kalian bisa memahami dan menjadi lebih paham sebelum terjun langsung menjadi seorang blogger.

Apa itu blog?
Blog adalah sebuah bentuk aplikasi web yang bernama web blog, dibuat biasanya secara personal (perorangan) atau dibuat untuk keperluan sebuah perusahaan, organisasi, dan instistusi.

Namun biasanya, untuk perusahaan, organisasi atau institusi lebih menggunakan aplikasi web berbentuk website, sedangkan blog lebih digunakan sebagai sarana untuk memberikan informasi secara campur aduk (bisa informasi apa saja) dan bisa dibuat oleh perorangan dengan menggunakan domain gratis selamanya.

Blog biasanya berisi artikel tulisan-tulisan dengan berbagai macam tema, baik itu informasi tertentu atau informasi yang berupa-rupa seperti blog yang menyajikan artikel berita.

Selain itu, blog lebih terlihat aktif jika dibandingkan dengan website, di dalam blog biasanya terjadi interaksi antara pembaca artikel dengan admin, pembaca biasanya akan menanyakan hal yang kurang dia mengerti pada admin pada kolom komentar.

Jika kalian ingin menjadi seorang blogger, maka jangan pernah berfikir bahwa blog akan memberikan kalian penghasilan kepada kalian, cobalah berfikir bahwa blog yang kalian buat adalah sebagai wadah untuk menyalurkan hobi menulis kalian, atau sebagai sarana menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Apakah blog yang kalian tidak akan memberikan penghasilan? tentu saja jawabanya adalah Blog kalian akan memberikan penghasilan. Namun sebelum berfikir kesana ada baiknya kalian berusahalah untuk belajar memanage blog kalian, Buatlah artikel yang manarik agar blog kalian banyak pengunjung.

Jika blog kalian memilik banyak pengunjung, maka nantinya uang juga akan datang dengan sendirinya, dengan memiliki banyak pengunjung, blog kalian bisa mendaftar untuk menjadi publisher google adsense atau web advertiser (penyedia jasa iklan) lain.

Jika kalian cari tahu orang-orang yang sudah sukses menjadi seorang blogger, kalian mungkin akan tercengang dengan penghasilan mereka dalam sebulan, ada yang bisa menghasilkan uang jutaan rupiah dalam satu bulan.

Namun sebelum blog kalian ingin melaju sampai kesana, cobalah untuk belajar membuat blog yang baik dan menarik supaya banyak dikunjungi orang.

Cara Membuat Blog
Cara membuat blog sebenarnya cukup mudah, kalian bisa membuat blog gratis dengan menggunakan platform blogspot, wordpress, wix dan yang lainya.

Namun untuk membuat blog dengan tujuan untuk belajar, maka saran terbaik untuk kalian pilih adalah platform blogspot (blogger), blogger.com adalah milik google sehingga jika kalian ingin mendaftarkan blog kalian ke google adsense, maka tidak perlu mengganti domain kalian terlebih dahulu.

Cara membuat blog di blogspot yang pertama harus kalian lakukan adalah pergi dulu ke halaman blogger.com, disana kalian bisa mulai mendaftar dengan menggunakan email @gmail.com yang sudah kalian buat terlebih dahulu.

Setelah masuk ke dahsboard blogger, kalian akan mengisi sebuah jendela dengan harus mengisi judul dan alamat, buatlah judul dan alamat yang sesuai dengan keinginan kalian, pilih template yang sesuai keinginan kalian dan terakhir klik buat atau create.

Cara Membuat Blog Menjadi Menarik
Cara membuat blog menjadi lebih menarik sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menambahkan widget tambahan dan mengganti dengan template premium.

Namun hal yang harus kalian lakukan untuk membuat blog kalian menjadi lebih menarik adalah selain menggunakan template responsive dan penambahan widget yang pas, kalian juga harus perhatikan isi atau konten yang ada pada blog kalian.

Konten yang dimaksud adalah artikel-artikel yang dijadikan postingan pada blog kalian, usahakan buatlah artikel yang menarik dan memang banyak dicari banyak orang, selain itu hindari penggunaan widget yang berlebihan.

Sebelum disukai banyak orang, usahakan blog kalian juga harus disukai oleh mesin pencari. Lalu bagaimana cara membuat blog yang disukai oleh mesin pencari?

Untuk membuat blog kalian disukai mesin pencari, cobalah menggunakan template premium gratis yang sangat banyak bertebaran di intenet, atau kalian bisa membeli template premium untuk membuat blog kalian disukai oleh mesin pencari.

Sebenarnya tidak masalah jika kalian menggunakan template default atau bawaan dari blogger, hanya saja janganlah kalian membuat blog kalian menjadi berat karena terlalu banyak memberikan widget.

Usahakan penuhi blog kalian dengan postingan berupa artikel yang bermanfaat dan memang menarik untuk dibaca oleh pengunjung. Dan yang terakhir adalah gunakan template responsif, mau itu gratis atau berbayar, kalau tidak responsif ya percuma saja.

Target blog kita dibuat adalah untuk dikunjungi banyak orang dengan memberikan  mereka informasi yang mereka butuhkan, kalian pasti punya perbandingan antara lebih banyak mana orang yang menggunakan smartphone/tab atau desktop (PC/Laptop).

Tujuan blog kalian menggunakan template responsif adalah agar ketika ada orang yang membuka blog kalian dari smartphone dan tablet, maka tampilanya akan tetap menyesuaikan dengan smartphone atau tablet nya.

Hal ini terlihat sepele, namun kalian wajib melakukanya kepada blog yang telah kalian buat agar blog lebih disukai mesin pencari, dan akan membuat banyak visitor ke blog kalian.

Kesimpulan
Jika kalian ingin menjadi seorang blogger, maka saran terbaik adalah kalian membuat blog dengan menggunakan platform blogger.com (blogspot), selain lebih mudah untuk belajar seputar blogger, baik itu HTML, CSS, SEO dan masih banyak lagi, blogger sendiri adalah milik google.

Keuntungan menggunakan blogger adalah jika blog kalian sudah memiliki banyak postingan, dan memiliki jumlah pengunjung yang cukup besar minimal 100 orang perhari, maka kalian bisa langsung mendaftarkan blog kalian ke google adsense untuk mulai bermitra dengan google, yang artinya blog kalian akan menghasilkan uang jika diterima google adsense.

Untuk bisa diterima google adsense, blog kalian harus memnuhi kriteria, salah satu kriteria yang membuat blog diterima google adsense adalah blog yang menarik, blog yang menarik akan mendatangkan visitor yang banyak, maka kemungkinan besar blog kalian bisa menghasilkan uang juga menjadi lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel